Terjadinya Keputihan Wanita

Terjadinya Keputihan Wanita – Keputihan memang merupakan salah satu masalah yang bisa melanda pada para wanita manapun yang ada di dunia. Keputihan ini memang sangat wajar terjadi pada wanita, karena organ intim vagina wanita dewasa mengandung flora normal yang disebut dengan Basil Doderlein. Pada Basil Deoderlein ini adalah bakteri baik yaitu bakteri yang membuat lingkungan vagina menjadi asam dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap infeksi yang dimungkinkan terjadinya keputihan wanita. Keputihan yang bisa timbul lagi beberapa faktor seperti adanya infeksi jamur, bakteri, parasit dan virus. Selain itu, keputihan juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap berbagai infeksi.

Terjadinya Keputihan Wanita

Terjadinya Keputihan Wanita

Salah satunya masalah keputihan juga bisa di alami pada wanita dan masa anak anak bahkan tidak banyak atau sedikit yang bisa terkena terjadi keputihan pada wanita, dan biasanya wanita yang belum dewasa tidak begitu memperdulikan masalah keputihan, padahal jika sudah akut agak sulit untuk mengobati keputihan yang terjadi pada wanita dari masa anak anak sampai dewasa.

Keputihan adalah keluarnya cairan yang begitu berlebihan di liang senggama (vagina) yang terkadang di sertai rasa gatal, nyeri, rasa terbakar di bibir kemaluan, kerap disertai dengan bau busuk dan menimbulkan rasa nyeri sewaktu berkemih atau bersenggama. Warna cairan keputihan sangat bervariasi dari putih, kekuningan, abu abu, dengan konsistensi cair hingga kental atau bahkan berbentuk seperti kepala susu. Bau dari keputihan itu pun sangat beragam dari yang tidak mengeluarkan bau  seperti telur busuk, tanpa mengeluarkan bau yang tidak sedap, bahkan anyir seperti ikan mentah. Celakanya terjadi keputihan wanita dapat menyerang kanak kanak hingga menopause. Hal ini karena keputihan terbagi menjadi dua yaitu : fisiologis dan patologis.

Penyebab Terjadi Keputihan Wanita yang Abnormal

Keputihan sendiri terbagi atau dua jenis  keputihan, yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. Keputihan normal selalu sembuh dengan sendiri dan tidak perlu diobati, sedangkan keputihan abnormal adalah keputihan yang disebabkan oleh parasit, jamur, dan kuman. Selain itu keputihan abnormal juga bisa disebabkan karena ada nya tumor pada kandungan, karena usia lanjut, penyakit menular seksual, dan lain lainnya.

Berikut ini ada beberapa penyebab terjadinya keputihan wanita :

  • Terjadinya keputihan wanita akibat benda asing di Vagina

Vagina bagaikan lorong terbuka yang memungkinkan masuknya benda asing ke dalam tubuh. Sisa pembalut, kapas atau mungkin kondom adalah benda benda asing yang bisa tertinggal di dalam vagina dan dapat menyebabkan terjadinya keputihan wanita.

  • Terjadinya keputihan wanita keran terlalu sering membersihkan vagina

Para wanita sering melakukan kebiasaan yang tidak sehat dalam memperlakukan vagina yaitu terlalu sering membersihkan vagina dengan bahan antiseptik. Kebiasaan ini sesungguhnya tidak dapat menyehatkan dan mengganggu ekosistem vagina. Kuman kuman yang berkumpul di saluran vagina yang hidup damai dan bersifat baik bagi tubuh akan ikut terbunuh oleh antiseptik tersebut. padahal kuman kuman akan ikut membentuk asam disekitar vagina. Dimana vagina bersifat asam berguna untuk mengusir bibit penyakit. vagina yang kehilangan kondisi kesamaan nya berpotensi menjadi lahan tempat berkembangnya segara macam bakteri dan kuman yang berbahaya dan pada akhirnya menjadi penyebab terjadinya keputihan wanita ini.

  • Terjadi keputihan wanita kerena kencing nanah

Bila ada riwayat kontak seksual dengan pria yang memiliki penyakit seksual maka keputihan yang diderita bisa saja adalah gejala penyakit kencing nanah atau gonore. Atau pada kondisi lain dimana keputihan yang diderita tidak kunjung sembuh pada sudah lama diobati maka ada kemungkinan penyebab terjadinya keputihan wanita yang diderita adalah tertular nya penyakit ini. Sama dengan mengeluarkan cairan tapi berbeda dengan penyebab dan isinya jika diperiksa di laboratorium akan terlihat kuman kuman kencing nanah di keputihan nya.

  • Terjadinya keputihan wanita akibat tumor atau kanker rahim

Gejala dari munculnya tumor atau kanker di kandungan adalah munculnya cairan yang menyerupai keputihan. Biasanya keputihan disertai dengan bercak darah dan berbau busuk. Jika gejala keputihan tersebut disertai dengan rasa tidak nyaman di perut pada bagian bawah, terjadi gangguan siklus haid, sering demam, dan badan bertambah kurus, pucat, serta lesu, dan lemas badan terlihat tidak bugar. Maka kemungkinan telah terjadi pertumbuhan abnormal di dalam organ kandungan. Adapun penyebab terjadinya keputihan wanita harus segera diobati, apalagi jika keputihan tersebut adalah bagian dari tanda adanya tumor yang sedang berkembang di dalam tubuh. Keputihan yang disertai darah bisa juga akan muncul akibat polyp di organ kandungan, di rahim atau leher rahim. Biasanya darah keluar sehabis berhubungan seks atau setelah melakukan penyemprotan vagina.

Gejala  Terjadinya Keputihan Wanita yang Normal

Keputihan normal (fisiologis) sebenarnya tidak berwarna putih dan tidak cocok disebut keputihan, banyak dipengaruhi oleh sistem hormonal, sehingga banyak sedikitnya cairan vagina sangat bergantung pada siklus bulanan dan stress yang juga dapat mempengaruhi siklus bulanan itu sendiri :

  • Pada wanita hamil keputihan lebih sering timbul, karena pada ssat wanita hamil, maka kekebaln tubuhnya akan menurun.
  • Pada waktu menopause dimana keseimbangan hormonal nya terganggu.
  • Pada orang tua dimana kekebalan tubuhnya sudah menurun dapat pula timbul Keputihan.
  • Cairan sekresi berwarna bening, tidak lengket dan encer.
  • Tidak mengeluarkan bau yang menyengat.
  • Gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid dan tanda masa subur pada wanita tertentu.
  • Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau urine.

Penyebab Terjadinya Keputihan Wanita karena Abnormal (Patologis)

  • Keluarnya cairan berwarna putih pekat, putih kekuningan, putih kehijauan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, lengket dan kadang-kadang berbusa.
  • cairan ini mengeluarkan bau yang menyengat.
  • Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya serta dapat mengakibatkan iritasi pada vagina.
  • Merupakan salah satu ciri-ciri penyakit infeksi vagina yang berbahaya seperti HIV, Herpes, Candyloma.

Terjadinya Keputihan Wanita


=====================================

>>> Obat Herbal Penyakit Keputihan Pada Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Keputihan Wanita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *